Menara gading itu mulai terbuka

November 4, 2007 at 5:54 pm 2 komentar

1019574058_e2bacc716d.jpg

Sementara di Aula Timur dan Barat tengah dibuka Titian Karir Terpadu (selama seminggu Nov 07) yang sesak dipenuhi sarjana2 dari berbagai Universitas, kebanyakan tentunya lulusan ITB dan dihadiri banyak perusahaan ternama dengan tujuan mencari sarjana potensial yang masih belum mendapat pekerjaan untuk ditempatkan sebagai employee perusahaan  tersebut, seorang teman memberi tahu di koran Pikiran Rakyat ada iklan, ITB membuka lowongan pekerjaan sebagai tenaga pengajar (dosen) dengan persyaratan harus telah lulus S3 dengan gaji pokok menggiurkan untuk seorang Dosen (5 jt/bln).

Kening saya mengerut dan bengong beberapa saat, ini kemajuan atau kemunduran?

Tidak sembarangan orang bisa jadi Dosen ITB, dan biasanya telah dipersiapkan sejak mulai mahasiswa di Program S1. Mereka adalah lulusan terbaik dan dikenal trampil dan dekat dengan Dosen. Mereka yang IPKnya biasa-biasa saja jangan harap jadi Dosen disana. Tidak lama setelah lulus S1 mereka sudah menghilang untuk menempuh Program S2 dilanjutkan S3 dan biasanya tidak di ITB. Setelah beberapa tahun mereka pulang untuk mengabdikan ilmunya dengan menjadi Dosen di ITB.

Melihat bagaimana eratnya hubungan antara Dosen, mahasiswa dan alumnus disana, saya fikir mustahil akan ada orang dari luar ITB menjadi Dosen disana, kalaupun ada mungkin hanya satu atau dua orang saja pada satu jurusan. Artinya proses kaderisasi juga kualitas Dosen berjalan baik bila sistem itu dipertahankan.

Saat tengah mencari promotor yang harus bergelar Prof. disuatu  bidang studi pada tahun 2000an terasa kesulitan, karena Prof yang ada tengah menjalani masa Pra Pensiun dan tidak boleh lagi menerima mahasiswa bimbingan. Institut terbaik di Indonesia kaderisasinya terhambat?

Tahun 2006 tengah mencari Dosen disana yang seharusnya sudah pulang karena sudah menyelesaikan Program S3 dari Luar Negri, berkeliling di Lab.Lantai 4, Laboratorium kosong semua yang ada Dosen2 senior dengan jabatan ganda, struktural, fungsional dan mengurus Lab. Beberapa Dosen senior pun ada yang menjalani massa pra pensiun Dosen. “Hak mereka untuk tidak pulang” ketika beliau2 ditanya Dosen yang seharusnya sudah pulang menggantikan mereka tidak juga pulang2. “Hak mereka untuk pergi” ketika beliau2 ditanya Dosen2 muda yang baru datang juga sudah tidak ada lagi di ITB.

Kemajuan atau Kemunduran bila ITB harus menerima Dosen bukan alumnusnya? bila ini memang diperlukan untuk menjaga profesionalisme di semua segi, semoga ini adalah kemajuan, karena keberagamanpun adalah media pembelajaran, walaupun selama ini ITB  adalah Institut Terbaik di Negeri ini. 

Siapa berminat?

 

ctt : gambar diambil dari fickr heryusb

Entry filed under: kampus. Tags: .

Mengapa pejabat bisa sangat kaya raya? Dawson Creek tayang lagi

2 Komentar Add your own

  • 1. Ersis Warmansyah Abbas  |  November 5, 2007 pukul 2:35 am

    Menurut saya ini kemajuan luar biasa … ITB membuka diri. Dalam tradisi PT di negara maju ini sudah soal kuno. Saya salut dengan ITB (Baru). Mau melamar? Ah, kan ngak ada mata kuliah Menulis Populer, he he.

    Impian saya ada mata kuliah itu di tiap universitas, harusnya Bhs. Indonesia ganti aja, abis mk itu bikin kita ga kreatif terlalu banyak aturan, malah jadi ga bisa nulis apapun, takut salah. Coba baca tulisannya bang Ersis, salah ngga salah yang penting nulis, ya kan bang?

    Balas
  • 2. charless  |  November 11, 2007 pukul 1:14 pm

    semoga dengan gaji segitu bisa meningkatkan profesionalismenya hehe…
    kita harus bisa mencontoh negara seperti Amerika misalnya mereka punya
    kekuatan lulusan perguruan tinggi yang baik dan research yang punya
    andil dalam berbagai bidang di negaranya..
    semoga ini bisa terlahir di lulusan ITB..

    Sepakat, setuju, Amien

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Album Photo

Seminar Anak MimHA

S528394 02

meandanne

Lebih Banyak Foto

This website is worth
What is your website worth?

Kunjungan Temen

  • 232,511 hits

Catatan Lalu

Jadwal

November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

%d blogger menyukai ini: