PENGHAPUS DOSA-DOSA

Juli 28, 2006 at 4:48 pm 3 komentar

Apa saja yang dapat dilakukan seorang hamba untuk menghapus dosa-dosanya? Tentu dengan bertobat dan banyak beramal shalih. Sebab amal-amal shalih bisa menghapuskan dosa-dosa kecil. Dan dengan tauhid yang benar, dapat menjadi sebab dilampauinya dosa-dosa. Mengapa bisa demikian?Itulah salah satu keutamaan tauhid, mampu menghapuskan dosa-dosa seorang hamba,sehingga merupakan sarana kebahagiaan seorang hamba di dunia dan akhirat. Namun, tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi bagi seorang muslim yang ingin mendapat keutamaan tadi.Jaminan Keamanan Allah SWT berfirman, ” Orang-orang yang beriman dan tidak menodai iman mereka dengan kezhaliman,mereka itulah orang-orang yang mendapat ketentraman dan mereka itu adalah orang-orang yang menepati jalan hidayah”. ( QS. Al An’am (6):82)

Ayat inilah yang membuat para sahabat resah dan bertanya-tanya , karena siapakah yang tidak pernah berbuat zhalim? Hal itu dapat ditemukan dalam beberapa riwayat, salah satunya dari Ibnu Mas’ud, dia berkata, ” Ketika ayat ini turun, para sahabat bertanya-tanya,’Siapakah diantara kita yang tidak pernah menzhalimi dirinya? Rasulullah saw pun bersabda, ‘Bukan seperti yang kamu maksud,tidaklah kamu perhatikan perkataan Luqman,’Sesungguhnya mempersekutukan ( Allah ) benar-benar kezhaliman yang besar (QS.Luqman(31):31)'”.

Mengapa syirik disebut kezhaliman? Karena syirik adalah perbuatan menempatkan suatu ibadah tidak pada tempatnya dan memberikannya kepada yang tidak berhak menerimanya.

Ibnu Katsir berkata menafsirkan sural Al An’am:82,” Maksudnya,mereka adalah orang-orang yang memurnikan ibadah hanya kepada Allah SWT saja. Mereka tidak menyekutukannya sama sekali. Mereka itulah orang-orang yang tentram pada hari kiamat dan mendapat petunjuk di dunia dan akhirat”.

Oleh karena itu, ayat tersebut memberikan kabar gembira berupa pemberian petunjuk dan jaminan keamanan dari siksa neraka bagi orang mukmin yang bertauhid dan tidak menodai imannya dengan syirik.

Tak Cukup Diucapkan Kita sudah tahu bahwa syirik merupakan lawan tauhid. Permasalahannya, banyak umat Islam yang mengaku bertauhid namun baru sebatas ucapan saja. Padahal, jika hanya sekadar itu tidaklah cukup membuat seseorang mendapat jaminan surga di akhirat kelak.

Sebab, makna sebenarnya dari kalimat tauhid yang biasa diucapkan seseorang yang ingin masuk Islam adalah melepaskan diri dari setiap sesembahan dan bersungguh-sungguh dalam mengkhususkan diri dengan semua jenis ibadah hanya untuk Allah SWT semata, serta melakukan ibadah-ibadah tersebut sesuai cara yang dicintai dan diridhai-Nya.

Jika seorang muslim belum mengerjakannya atau hanya melakukan beberapa saja dan dia juga beribadah kepada selain Allah SWT, berarti dirinya telah merusak ibadahnya sendiri. Sehingga persaksian tentang kalimat tauhid tersebut tiada lagi berguna baginya.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan hadits Rasulullah saw berikut ini: Ubadah bin Shamit menuturkan, Rasulullah saw bersabda, ” Barangsiapa bersyahadat, bahwa tidak ada sesembahan yang hak selain Allah saja, tiada sekutu bagi-Nya, Rasul-Nya, dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam serta ruh dari-Nya, serta bersyahadat pula bahwa surga itu benar adanya dan neraka pun benar adanya, maka Allah pasti memasukkannya ke dalam surga, betapapun amal yang pernah dilakukannya”. ( HR. Bukhari dan Muslim )

Bukhari dan Muslim meriwayatkan pula hadits dari Itban, ” Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka bagi orang yang mengucapkan ‘laa ilaaha illallah’ dengan ikhlas semata-mata mengharap wajah Allah “.

Dari dua hadits tersebut, jelaslah bahwa seseorang tidak akan selamat dari api neraka dengan hanya mengucapkan kalimat,” Laa ilaha illallah ” saja. Orang yang beranggapan seperti itu berarti dia belum paham makna ” Laa ilaha illallah “.

Rasulullah saw bersabda, ” Barangsiapa mengucapkan, ‘Laa ilaha illallah’ dan mengingkari sesembahan selain Allah, haramlah harta dan darahnya, sedang hisab ( perhitungan )nya adalah terserah kepada Allah”.

Hadits itu termasuk hal terpenting yang menjelaskan pengertian, ” Laa ilaha illallah “. Sebab apa yang dijadikan Rasulullah saw sebagai pelindung darah dan harta bukanlah sekadar mengucapkan kalimat ” Laa ilaha illallah ” itu, bukan pula dengan mengerti makna dan lafadznya, bukan pula dengan mengakui kebenaran kalimat tersebut, bahkan bukan juga tidak meminta kecuali kepada Allah saja, yang tiada sekutu bagi-Nya.

Akan tetapi tidaklah haram dan terlindung harta dan darahnya hingga dia menambahkan kepada pengucapan kalimat ” Laa ilaha illallah” itu pengingkaran kepada segala sesembahan selain Allah. Jika dia masih ragu atau bimbang,maka belumlah haram dan terlindung harta dan darahnya.

Rasulullah saw bersabda, ” Allah berfirman,’Hai Anak Adam,seandainya kamu datang kepadaku dengan dosa sepenuh bumi, sedangkan kamu ketika mati ( berjumpa dengan-Ku ) berada dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikitpun kepada-Ku, niscaya aku akan memberikan kepadamu ampunan sepenuh bumi pula ‘”. ( Hadits Riwayat At-Tirmidzi )

Nah, sudah seharusnya tauhid tersebut kita murnikan agar mendapatkan keistimewaannya yang mampu menghapuskan dosa-dosa.

Shafa Kazhimah

Maraji:
Syaikh Abdurrahman Hasan Alu Syaikh, Fathul Majid Syarah Kitab Tauhid ( edisi revisi ), cet.IV, Pustaka Azzam, Jakarta 2003

Diketik ulang dari: Majalah Nikah Vol.5, No.2, Mei 2006, hal.32-33

Entry filed under: moslem. Tags: .

SOICHIRO HONDA : “Lihat Kegagalan Saya” Amalan Sebelum Tidur

3 Komentar Add your own

  • 1. M.Hanif  |  Agustus 13, 2008 pukul 4:03 am

    Ya, Allah ampuni dosa2ku, ya Allah lindungi hamba dari siksa kubur dan azab api neraka…..ya Allah tolong

    Amin

    Balas
  • 2. anto  |  April 8, 2010 pukul 2:13 am

    ya Allah penuhilah hatiku dengan keimanan dan taqwa…. ampunilah segala dosaku dan pertemukan aku pada kebahagiaan abadi…. amien…

    Balas
  • 3. dhirgham  |  April 25, 2010 pukul 7:08 am

    syukron

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Album Photo

Seminar Anak MimHA

S528394 02

meandanne

Lebih Banyak Foto

This website is worth
What is your website worth?

Kunjungan Temen

  • 232,463 hits

Catatan Lalu

Jadwal

Juli 2006
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d blogger menyukai ini: