9 Jenis Kecerdasan

Agustus 9, 2006 at 2:09 am 11 komentar

Sebagai orang tua masa kini, kita seringkali menekankan agar anak berprestasi secara akademik di sekolah. Kita ingin mereka menjadi juara dengan harapan ketika dewasa mereka bisa memasuki perguruan tinggi yang bergengsi. Kita sebagai masyarakat mempunyai kepercayaan bahwa sukses di sekolah adalah kunci untuk kesuksesan hidup di masa depan.

Pada kenyataannya, kita tidak bisa mengingkari bahwa sangat sedikit orang-orang yang sukses di dunia ini yang menjadi juara di masa sekolah. Bill Gates (pemilik Microsoft), Tiger Wood (pemain golf) adalah beberapa dari ribuan orang yang dianggap tidak berhasil di sekolah tetapi menjadi orang yang sangat berhasil di bidangnya.

Kalau IQ ataupun prestasi akademik tidak bisa dipakai untuk meramalkan sukses seorang anak di masa depan, lalu apa?

Kemudian, apa yang harus dilakukan orang tua supaya anak-anak mempunyai persiapan cukup untuk masa depannya?

Jawabannya adalah: Prestasi dalam Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence), dan BUKAN HANYA prestasi akademik.

Kemungkinan anak untuk meraih sukses menjadi sangat besar jika anak dilatih untuk meningkatkan kecerdasannya yang majemuk itu.

Dr. Howard Gardner, peneliti dari Harvard, pencetus teori Multiple Intelligence mengajukan 8 jenis kecerdasan yang meliputi :

Cerdas Bahasa – cerdas dalam mengolah kata
Cerdas Gambar – memiliki imajinasi tinggi
Cerdas Musik – cerdas musik, peka terhadap suara dan irama
Cerdas Tubuh – trampil dalam mengolah tubuh dan gerak
Cerdas Matematika dan Logika – cerdas dalam sains dan berhitung
Cerdas Sosial – kemampuan tinggi dalam membaca pikiran dan perasaan orang lain
Cerdas Diri – menyadari kekuatan dan kelemahan diri
Cerdas Alam – peka terhadap alam sekitar
Cerdas Spiritual – menyadari makna eksistensi diri dalam hubungannya dengan pencipta alam semesta

Membangun seluruh kecerdasan anak adalah ibarat membangun sebuah tenda yang mempunyai beberapa tongkat sebagai penyangganya. Semakin sama tinggi tongkat-tongkat penyangganya, semakin kokoh pulalah tenda itu berdiri.

Untuk menjadi sungguh-sungguh cerdas berarti memiliki skor yang tinggi pada seluruh kecerdasan majemuk tersebut. Walaupun sangat jarang seseorang memiliki kecerdasan yang tinggi di semua bidang, biasanya orang yang benar-benar sukses memiliki kombinasi 4 atau 5 kecerdasan yang menonjol.

Albert Einstein, terkenal jenius di bidang sains, ternyata juga sangat cerdas dalam bermain biola dan matematika. Demikian pula Leonardo Da Vinci yang memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam bidang olah tubuh, seni, arsitektur, matematika dan fisika.

Penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik saja tidak cukup bagi seseorang untuk mengembangkan kecerdasannya secara maksimal. Justru PERAN ORANG TUA dalam memberikan latihan-latihan dan lingkungan yang mendukung JAUH LEBIH PENTING dalam menentukan perkembangan kecerdasan seorang anak.

Jadi, untuk menjamin masa depan anak yang berhasil, kita tidak bisa menggantungkan pada sukses sekolah semata. Ayah-Ibu HARUS berusaha sebaik mungkin untuk menemukan dan mengembangkan sebanyak mungkin kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing anak.

Oleh: Dr. Andyda Meliala

Entry filed under: Pendidikan. Tags: .

Kupu kupu dan Tambuli Seminar Nasional Teknik Metalurgi 2005

11 Komentar Add your own

  • 1. laras  |  Agustus 21, 2006 pukul 8:32 am

    aku mo bikin diary elektronik, gimana caranya? :’-I

    Balas
  • 2. dewo  |  September 11, 2006 pukul 9:53 am

    Cerdas apakah termasuk kreatif dan inovatif?
    Cerdas tubuh apakah sama dengan keterampilan?
    Apakah orang yang cerdas selalu terampil? Apakah orang cerdas selalu kreatif dan inovatif?

    Kalau seseorang itu kreatif dan inovatif itu termasuk cerdas yang mana?

    Balas
  • 3. benny carvalo sambas  |  September 30, 2006 pukul 7:49 pm

    maaf, aku ga ngasi komentar. cuman aku lagi butuh bantuan nic, aku mo nulis makalah tentang kecerdasan ganda khususnya kecerdasan bodi-motorik. tapi aku binggung mo mulai darim mana?
    kasih masukan dong….trus kalo ada bahan aku minta ya…. thanks a lot.

    Balas
  • 4. noor fitriyah  |  November 22, 2006 pukul 4:49 am

    saya sangat setuju dengan adanya kecerdasan ganda.selama ini saya sering merenung tentang ketidak adilan adanya pelaksanaan UAN. YG hanya di dasarkan pd 3 mata pelajaran.saya sendiri misalnya ,saya sangat senang kalau di suruh belajar terutama dal;am hal hafalan. tp kalau di suruh berhitung saya sebenarnya bisa tp lama…..jd saya tidak bisa dikatakan sebagai siswa bodoh dong?buktinya kalau disuruh mengingat Grammar dlm bhs Inggris saya langsung bisa.
    saya jg mau tanya,,bagaimana cara meningkatkan kecerdasan sosial ,apalagi faktor lingkunagan saya sangat tidak mendukung.sikap individualisme sudah tertanam sejak saya duduk di bangku kuliah.

    terima kasih

    Balas
  • 5. bayu  |  Juli 18, 2007 pukul 11:50 am

    saya mau pengertian dan penjelasan tentang kecerdasan majemuk atau multiple intelligence secara menditail…..dan kalau bisa saya minta bantuan untuk contoh2 gambar dari kecerdasan majemuk tsb….saya butuh untuk tugas akhir saya untuk membuat mainan….mohon bantuannya sebelumnya terima kasih

    Balas
  • 6. heriono susanto  |  Desember 15, 2008 pukul 2:24 am

    saya sedang mencari referensi yang membahas tentang ‘kecerdasan ganda’ dalam bahasa indonesia, bisakah anda bantu judul buku apa yang harus saya cari.
    terimakasih.

    Balas
  • 7. cupangkolam  |  Maret 4, 2009 pukul 3:13 am

    Sip…bagus dan penting banget tulisane buat kami.Thanx ya, pas nyari-nyari ketemu juga tulisan kaya gini…..

    Balas
  • 8. benny carvalo sambas  |  Maret 25, 2009 pukul 2:20 pm

    halo semua …. punya silabus dan rpp (ktsp ) matematika gak? bantuin aku dong, kalo punya kirimin ke email aku ya…thanks.

    Balas
  • 9. ILHAM ROSYADI  |  April 17, 2009 pukul 2:32 am

    dalam 9 kecrdasan yang diutarakan oleh Dd.Howard Gardner bahawasannya ada yan lebih penting lagi yang mana dapat meningkatkan integritas seseorang yaitu kecerdasan intelektual,emosional.danspiritual

    Balas
  • 10. pinokio  |  Maret 17, 2010 pukul 6:57 am

    semoga ujianq yang berntakn tadi dapat bagus…amin…

    Balas
  • 11. haris1aja  |  April 11, 2010 pukul 2:26 pm

    wah artikelnya sangat membantu mas

    silakan juga mengunjungi
    http://haris1aja.wordpress.com/

    trima kasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Album Photo

Seminar Anak MimHA

S528394 02

meandanne

More Photos

This website is worth
What is your website worth?

Kunjungan Temen

  • 222,271 hits

Catatan Lalu

Jadwal

Agustus 2006
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

